Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya

Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya

Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya

Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya | Dalam artikel kami yang sebelumnya juga telah kami tulis tentang pengertian pertanian organik menurut para ahli dalam bidangnya, namun untuk menambah wawasan anda kami akan sedikit tambahkan pengertian pertanian organik menurut kami selama ini.

Pengertian Pertanian Organik
Pertanian organik memiliki arti yang cukup luas, sebenarnya yang di maksudkan adalah sistem budidaya pertanian yang berfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang tidak merusak atau berakibat buruk pada alam sekitar. Tekhnik pertanian organik ini telah lama di lakukan sebelum kita lahir, yaitu oleh nenek moyang kita, jauh sebelum pertanian kimia di temukan (pertanian kimia adalah sistem pertanian yang menggunakan bahan  bahan kimia serta racun yang meracuni alam sekitar). Prinsip utama dari sistem budidaya organik ini yang pasti tidak merusak alam, pemakaian bahan bahannya pun yang pasti aman di gunakan di alam maupun untuk dampak masa depannya.
Conotoh saja penggunaan pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan, sisa tanaman maupun membuat pupuk organik dari sampah rumah tangga yang telah terfermentasi dan di ubah menjadi pupuk yang baik untuk tanaman. Penggunaan pupuk organik tersebut banyak mengandung unsur hara yang di butuhkan tanaman serta yang pasti tidak mengandung racun yang dapat membunuh atau menghancurkan ekosistem yang ada pada tanah. Sifat dari pupuk organik ini justru  membantu pengembangan mikroorganisme di dalam tanah yang sangat berguna bagi tanaman. Selain penggunaan pupuk organik penggunaan pestisida organik juga aman untuk tanaman maupun untuk hasil budidaya karena tidak mengandung racun atau residu yang menimbulkan penyakit jika termakan oleh tubuh kita.

Manfaat Pertanian organik

Beberapa manfaat yang di dapatkan dari aplikasi pertanian organik adalah :

  • Menggemburkan lapisan tanah permukaan ( topsoil ) 
  • Mampu menyediakan unsur hara makro dan mikro walaupun dalam jumlah yang relatif kecil
  • Meningkatkan populasi dan aktifitas mikro organisme dalam tanah
  • Memperbaiki granulasi tanah berpasir dan tanah padat, meningkatkan kualitas aerasi,
  • Memperbaiki drainase tanah dan meningkatkan kemampuan tanah dalam mengikat dan menyimpan air
  • Meningkatkan kesuburan tanah
  • Memperbaiki kelembaban tanah
  • Dapat membantu meningkatkan pH tanah terutama pada tanah-tanah asam. 

Sekian dulu artikel kami tentang Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya kiranya dapat menambah wawasan kita semua, maju terus pertanian Indonesia.


Baca Juga

Pengertian Pertanian Organik Dan Kelebihannya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan