Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sisa Kotoran Hewan

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari sisa Kotoran Hewan

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari sisa Kotoran Hewan
Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari sisa Kotoran Hewan || Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pertanian organik atau yang sering di sebut POC. Membuat pupuk cair sangatlah mudah, penggunaanya pun akan sangat berfungsi baik dan bermanfaat bagi tanaman kita, karena banyak mengandung mikroba dan unsur unsur hara yang dapat membantu kesuburan tanah. Berikut kita bahas bagaimana cara pembuatanya.

Cara pembuatan pupuk organik cair pertama tama kita siapkan tong atau drum untuk wadah fermentasi POC kita berkapasitas 50liter. Karena pada artikel kali ini kita membahas cara membuat pupuk organic cair dari sisa kotoran hewan maka bahan utamanya, baca juga pengertian pertanian organik adalah urin atau kencing hewan ternak (bisa menggunakan urin kelinci, kambing, sapi) cukup 35liter. Taruh urin pada wadah atau tong yang  telah kita siapkan campurkan dengan bioaktivator bisa berupa EM4 yang dapat di beli di toko toko pertanian terdekat sebanyak 1liter. Campurkan dengan tetes tebu atau gula merah sebagai makanan mikroba yang ada dalam EM4 tadi. Tambahkan pula sebanyak 5liter air cucian beras yang pertama kedalam campuran urin, EM4 dan tetes tebu tadi tidak lupa untuk menambahkan ragi tape 10gram dan air kelapa 5liter.

Setelah semua bahan tercampur dalam tong plastik atau sejenisnya aduk hingga tercampur sempurna kemudian tutup rapat wadah tersebut, karena kita akan menggunkan sistem anaerob tanpa ada udara masuk. Pada tutup kita berikan lubang untuk menaruh selang kecil sebagai alat keluarnya udara dari cara membuat pupuk organik padat tadi. Sekaligus sebagai proses pendinginan suhu udara yang akan naik jika mikroba bekerja sempurna nantinya.
Tunggu hingga 7-10 hari, jika di bukak dan di cium tidak berbau amoniak dan akan tercium aroma tape berarti pupuk poc sudah siap di gunakan pada tanaman. Untuk dosis aplikasinya bisa di gunakan 1 gelas untuk satu tanaman tahunan di kocorkan tiap satu bulan sekali, atau dengan cara satu gelas di campurkan satu tanki semprot untuk tanaman horticultura dan di semprotkan tiap semingggu sekali.
Itu tadi cara membuat pupuk organik cair dari sisa kotoran hewan, semoga bermanfaat :)

Baca Juga

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sisa Kotoran Hewan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan